Senin, 06 Mei 2024

Sejarah Desa Kedawung !!!

Sejarah Desa Kedawung !!!

Sejarah Desa Kedawung !!!

Pada jaman dahulu Desa Kedawung berupa hutan,suatu ketika dating seorang yang sakti dan bijaksana yang bernama Raden Asmarakondi atau yang terkenal dengan nama Syekh Banyumudal,belaiu pada waktu mudanya suka merantau/mengembara dan bertapa serta berguru untuk mendapatkan ilmu dan kesaktian bahkan meneyebarkan agama islam di wilayah yang di laluinya termasuk kebon yang saat ini dinamakan bontek ( kebun gethek ) dan beliau meninggalakan petilasan pada saat ini disebutnya kebun gethek yang terletak di Desa kedawung RW 006.
Syekh Banyumudal  Selanjutnya setelah menjelajahi daerah tersebut menemukan suatu tempat yang dipenuhi dengan pepohonan lebat dan konon kabarnya dari salah satu pohon tersebut buahnya pernah dijadikan obat gudig oleh Joko Sangkrib, buah tersebut sangat pahit. Oleh para pengikutnya dijadikan obat, yang ternyata namanya buah kedawung, dan pada saat itu juga karena mujarabnya obat tersebut, maka Desa ini dinamakan Desa Kedawung.
Sebetulnya Desa Kedawung sangat luas sampai ke perbatasan sungai lukulo dengan terbukti Kepala Desa Kedawung saat itu di jabat oleh Bapak Mangunwardi sampai saat inipun Rumah beliau masih berdiri,tetapi daerah tersebut pada saat ini masuk wilayah Desa Kedawung.

Kedawung adalah Desa di Kecamatan Pejagoan , Kabupaten Kebumen , Propinsi Jawa Tengah , Indonesia. Desa Kedawung merupakan salah satu Desa di kecamatan Pejagoan yang terkenal dengan penghasil genteng Sokka khas Kebumen. Sehingga masih banyak ditemukan rumah-rumah produksi genteng diwilayah ini. Dengan wilayahnya yang masih dalam pinggiran Kota Kebumen yakni hanya berjarak 1,5 Km dari pusat Kabupaten dan 1 Km dari pusat Kecamatan maka Desa Kedawung termasuk Desa yang ramai. Desa Kedawung dilewati jalan Kabupatendan rel kereta api. Sementara dibagian timur terdapat Sungai terbesar di Kabupaten Kebumen yaitu Sungai Lukulo

Batas-batas Wilayah

  1. Utara : Desa Pejagoan
  2. Barat: Desa Kewayuhan
  3. Selatan: Kecamatan Klirong
  4. Timur: Kecamatan Kebumen

Pembagian Wilayah

Desa Kedawung terdiri dari 8 Pedukuhan yaitu:

  1. Dukuh Krajan
  2. Dukuh Sokka
  3. Dukuh Widoropayung
  4. Dukuh Sudagaran
  5. Dukuh Wanalela
  6. Dukuh Dukuh
  7. Dukuh Penambangan
  8. Dukuh Srepeng

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2